Sunday, August 20, 2017

Lomba 17 Agustus 2017 Anak-anak dan Nasi Tumpeng RT 005 Cikopan 03

Setelah selesai mengikuti upacara bendera Kemerdekaan HUT RI ke 72 bersama pengurus RT/RW dan warga Cikopan RW 03. Pengurus RT 005 sejam kemudian mengadakan lomba untuk anak-anak yang terdiri dari lomba makan kerupuk, balap kelereng di dalam sendok dan masukan paku kedalam botol serta menangkap dan memindahkan belut.


 
  
Riuh, Histeris, gelak tawa membaur menjadi satu dari penonton dan peserta yang masih menunggu giliran lomba, saling memberi semangat saling meneriakan jargon supaya peserta yang didukung menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. "Memang Indonesia Negri Multi Keragaman"

Siang harinya dilanjutkan dengan lomba kuliner khas Indonesia yang tak ada di negara lain menyamainya hanya satu-satunya di Indonesia. Yaitu lomba "Nasi Tumpeng".

Berbagai macam bentuk, warna dan kreasi nasi tumpeng buatan ibu-ibu warga RT 005 RW 03 yang dipenuhi dengan hiasan buah, sayuran dan lauk pauk yang menggoda selera untuk mencicipinya.

Peserta lomba nasi tumpeng terdiri dari 4 regu yang mana 1 regu terdiri dari 4 orang ibu-ibu dengan dana yang di berikan oleh panitia masing-masing regu sebesar Rp. 75.000
Regu 1 Kalem Jawani, Regu 2 Manis Manja. Regu 3 Rumpie Mak, Regu 4 Kuliner Mbakyu
Penilaian oleh tim juri dari Ibu PKK Kelurahan dan PKK RW yang bersedia hadir untuk memberikan penilaian terhadap Nasi Tumpeng kreasi ibu-ibu warga RT 005/03.

Nasi Tumpeng dinilai berdasarkan beberapa kreteria : 
1. Dinilai dari rasanya, 2. Dinilai dari kreasinya/keunikanya, 3. Dinilai dari tata letak menu dan komposisinya.
 
Setelah melalui perdebatan yang panjang dan saling adu argumen yang sangat alot antar tim juri, agar hasil keputusan pemenang benar-benar fair. Maka di putuskan sebagai pemenang Lomba Nasi Tumpeng adalah :
REGU RUMPIE MAK pemenang pertama dan pemenang kedua adalah REGU KULINER MBAKYU dan berhak atas hadiah berupa peralatan masak dan Tupperware.
Penyerahan hadiah pemenang pertama diberikan oleh Ketua PKK RW (Ibu Tuti Kamalia) dan hadiah pemenang kedua diberikan oleh Sekretaris PKK Kelurahan (Ibu Yuri Rohini).

Acara selanjutnya seluruh warga dan tim juri yang hadir diacara lomba tersebut dapat mencicipi hidangan nasi tumpeng, Anak-anak, remaja dan orang tua berbaur saling menikmati, sehingga dalam sekejap ludes tanpa bekas. "BARAKALLAHU FIK"
Inti dan makna dari diadakanya lomba adalah bukan untuk mencari siapa pemenang siapa yang kalah, bukan pula bicara untung maupun rugi serta menilai hadiah yang diberikan.

Tapi ada makna yang lebih dalam yang harus dijaga oleh setiap individu yang hidup dalam bermasyarakat yang majemuk, seperti : semangat gotong royong, semangat bersosialisasi, semangat membaur, semangat tegur sapa, semangat menjaga kerukunan, semangat betetangga yang saling menjaga perasaan dan saling menghormati, semangat saling peduli. Semangatttt...!!!

Selamat kepada Ketua RT 005/03 (Bapak Heru Widianto) selaku ketua panitia dan dibantu oleh timnya yang telah sukses mengadakan serangkaian acara lomba.
Salkomsel Cikopan 03...!!!
wassalam
bangdjo

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog Cikopan RW 03, silahkan tinggalkan komentar"